Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Positioning dalam Strategi Pemasaran Produk

Pelopor Positioning sebagai bagian dari strategi pemasaran adalah Jack trout dan Al Ries, menurut kedua tokoh strategi pemasaran ini, Positioning adalah sesuatu yang dilakukan terhadap pikiran, yakni menempatkan produk atau merek pada kotak pikiran calon konsumen. Agar suatu merek mudah masuk dan diingat pada kotak pikiran calon konsumen  maka produk harus “dikaitkan” dengan market leader namun tanpa “head on attack” dengan market leader tersebut.

Inti dari positioning  adalah menanamkan produk atau merek dalam bentuk citra ke benak atau pikiran konsumen. Citra tersebut dapat dalam bentuk slogan,  image perusahaan, dan awareness. Konsep utama dalam strategi pemasaran ini adalah berorientasi pada kompetitor khususnya yang merupakan market leader dan target market. produk atau merek harus memiliki atribut dan manfaat yang unggul dibanding kompetitor yang jadi market leader  Selain itu atribut dan manfaat tersebut harus reason to buy yang  dipersepsi positif oleh konsumen, sehingga produk atau merek dapat diterima dan diingat didalam pikiran konsumen.

Ada beberapa dasar acuan dalam membuat positioning, yaitu berdasarkan perbedaan produk, manfaat, berdasarkan cara pemakaian, kategori produk, perilaku konsumen, kompetitor atau problem pemasaran.

-----------------
Twit Pemasaran, Tren, Konsumen dan Bisnis.
Follow @zaki_berkata  /  twitter.com/zaki_berkata
" Hanya butuh 1 hari belajar pemasaran tapi butuh waktu seumur hidup
untuk menjadi ahlinya" - Kotler -

Share di Sosmed

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB