Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Implementasi Diferensiasi untuk Strategi Pemasaran


Implementasi diferensiasi dapat diterapkan pada banyak hal dalam bisnis baik skala besar maupun usaha kecil, diferensiasi secara sederhana dan yang paling mendasar adalah pada Produk, Segmen, Layanan dan Brand Images. Jalankan riset terlebih dahulu, riset sangat penting untuk memahami perilaku konsumen dan memahami kompetitor agar strategi pemasaran dapat kita buat secara efektif.

1. Riset Kompetitor
Sebelum membuat diferensiasi untuk produk lakukan riset Kompetitor
kumpulkan semua informasi tentang kompetitor meliputi Produk, Segmen, Layanan dan Brand Imagesnya.  Informasi diperoleh dengan cara memata-matai strategi pemasaran mereka langsung dilokasi bisnis kompetitor atau melalui riset di google. Belilah produk kompetitor tanyakan pada konsumen mereka hal-hal apa yang membuat mereka menyukainya

2. Riset Perilaku Konsumen
hal yang paling penting dalam riset adalah memahami perilaku konsumen dalam membeli sebuah produk atau layanan. Perhatikan apa yang penting bagi mereka, apa saja yang membuat konsumen tergerak untuk mencoba atau melakukan pembelian. Apakah yang mereka harapkan dan apakah kompetitior telah memenuhi harapan mereka.

Dari hasil kedua riset diatas kita bisa menentukan diferensiasi bisnis untuk strategi pemasaran. Diferensiasi berdasarkan value dan benefit yang kita punya dan tidak dikomunikasikan oleh kompetitor. dan harus diingat value dan benefit yang kita punya adalah hal yang dibutuhkan konsumen.

Diferensiasi yang paling tidak beresiko adalah dengan memodifikasi produk yang sudah ada dipasar. Buatlah inovasi yang berkelanjutan agar terus bisa bertahan dalam persaingan sehingga diferensiasi dapat terus terpelihara.


Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB