Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Strategi Pemasaran dalam Bentuk ILM

Iklan Layanan Masyarakat merupakan bagian dari Strategi Pemasaran dalam bentuk social marketing Campaign dengan tujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat. Gagasan atau ide tersebut merupakan pesan sosial yang membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang berhubungan dengan kehidupan mereka secara umum. Pesan sosial dalam Strategi Pemasaran tersebut dengan kata lain bermaksud memberikan gambaran tentang peristiwa dan kejadian yang akan berakibat pada suatu keadaan tertentu, baik yang bersifat positif maupun negatif.

Iklan layanan masyarakat tidak hanya disponsori oleh lembaga pemerintah dan organisasi non profit, tetapi juga perusahaan komersil. Bagi perusahaan komersil. Iklan Layanan Masyarakat biasanya dikeluarkan atau dibuat oleh perusahaan melalui Advertising Agency berdasarkan adanya sebuah fenomena yang tengah terjadi di masyarakat atau berdasarkan momentum hari-hari besar nasional yang oleh masyarakat banyak dianggap istimewa. Fenomena dan momentum inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai bagian Strategi Pemasaran untuk menjual ide dan gagasan yang sifatnya membangun persepsi positif masyarakat terhadap citra perusahaan, sekaligus membangun empati sebagai tanggungjawab sosial dalam masyarakat.

Pada awal perkembangannya iklan layanan masyarakat tidak terlalu terikat pada penataan yang ketat, manajemen Pemasaran dan perencanaan pesan yang rumit, pemilihan media advertising yang sesuai, sampai pada penentuan target audiens maupun pemilihan tempat dan waktu yang benar-benar tepat. Namun seiring berkembangnya dunia strategi pemasaran dan semakin banyaknya perusahaan yang membuat Iklan layanan masyarakat disertai dengan perubahan paradigma dalam menciptakan pesan-pesan sosial maka iklan layanan masyarakat juga harus dibuat secara profesional seperti iklan komersial.

Seperti juga iklan yang bersifat komersil, di dalam strategi iklan layanan masyarakat tema Advertising Campaign yang paling efektif dan strategis adalah tema yang hanya mendasarkan pada satu pesan atau gagasan dan gambar yang tetap. Tema tersebut adalah tema yang diharapkan dapat menyentuh emosi masyarakat. Selain itu tema haruslah relevan dengan kondisi yang sedang terjadi di tengah masyarakat yang menjadi target iklan.

Tema iklan layanan masyarakat dalam jangka panjang diharapkan dapat merubah perilaku suatu masyarakat kearah kebiasaan-kebiasaan dalam batas-batas tertentu, sehingga pada akhirnya dampak berlanjut sebagai suatu budaya. Dengan tema yang menyentuh emosi masyarakat maka akan terbangun citra perusahaan yang baik dimata masyarakat dan menstimulasi masyarakat untuk percaya pada perusahaan. Keuntungan sosial yang didapat dari dampak iklan layanan masyarakat tersebut dapat membantu lancarnya keuntungan ekonomi bagi perusahaan, inilah tujuan utama dalam merancang Strategi Pemasaran.

Logikanya, dengan citra baik di tengah masyarakat maka pada akhirnya akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih, membeli dan menggunakan produk yang diproduksi oleh suatu perusahaan. Hal ini terjadi karena keputusan dan perilaku konsumen dipengaruhi oleh citra baik perusahaan secara sosial di mata masyarakat. Dengan demikian, secara tidak langsung perusahaan komersil yang berorientasi profit menggunakan iklan layanan masyarakat sebagai media periklanan dengan tujuan akhir yang bersifat komersial.

Zaki ( http://zaki-adverthink.blogspot.com/ )

Rekomendasi Buku :
Kasali, Renald (1992) Manajemen Periklanan
Liliweri, Alo (1992) Dasar–Dasar Komunikasi Periklanan
Madjadikara, Agus S (2004). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan ?
Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz (2005). How To Advertise
Widyatama, Rendra (2005). Pengantar Periklanan

Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB