Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Tujuan Periklanan dalam Konsep Strategi Pemasaran

Penetapan tujuan periklanan merupakan aspek penting yang mendapat perhatian serius. Tanpa tujuan yang baik, tidak mungkin strategi pemasaran mengarahkan dan mengendalikan keputusan dengan efektif dan efisien.

Tujuan periklanan berfungsi sebagai alat komunikasi dan koordinasi, memberikan kriteria dalam pengambilan keputusan serta sebagai alat evaluasi. Selain itu tujuan juga akan sangat membantu dalam strategi pemasaran dan membuat suatu garis antara keputusan strategis dan taktis.

Secara umum tujuan perusahaan mengiklankan produknya dalam rangka mendukung pemasaran adalah :

* Menciptakan kesadaran pada suatu merek di dalam benak konsumen. Brand awarness yang tinggi merupakan kunci untuk mencapai brand equity yang kuat. Para pemasar harus menyadari bahwa tanpa Brand awarness yang tinggi akan sulit untuk mendapatkan pangsa pasar yang tinggi.

* Mengkomunikasikan informasi kepada konsumen mengenai diferensiasi suatu merek. Manfaat ini berhubungan dengan keunggulan dari sebuah produk dibanding produk lain.

* Mengasosiasikan suatu merek dengan perasaan serta emosi tertentu. Tujuannya, agar ada hubungan emosi antara konsumen dengan suatu merek.

* Mengembangkan persepsi positif calon konsumen yang diharapkan kelak dapat menjadi pembeli potensial.

* Mengarahkan konsumen untuk membeli produk. Tetapi yang harus disadari adalah iklan bukan segalanya, karena keberhasilan suatu merek di pasar tidak hanya tergantung pada periklanannya tapi juga ditentukan oleh elemen pemasaran lainnya yang telah terkonsep dalam strategi pemasarannya.

Dari beberapa tujuan perusahaan dalam periklanan seperti yang telah disebut di atas, hanya beberapa tujuan saja yang harus dipilih. Tujuan tersebut harus benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan berdasarkan konsep strategi pemasaran terhadap kampanye produknya, semakin efektif dan efisien tujuan maka kemungkinan kampanye periklanan berhasil akan semakin terbuka.

Sebagaimana tujuan manajemen, tujuan periklanan harus dapat dioperasionalkan. Tujuan iklan yang baik tidak saja efektif bagi penentuan kriteria untuk mengambil keputusan, tetapi juga memberikan standar untuk membandingkannya dengan hasil akhir dari sebuah kampanye.

Zaki ( http://zaki-adverthink.blogspot.com/ )



Rekomendasi Bacaan :
Durianto,Darmadi, Sugiarto, Anton WW, Hendrawan S (2003).
Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif

Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB