Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Teori Bentuk Creative Lay Out dalam Iklan Media Cetak


Pandangan tradisional pakar periklanan mengatakan bahwa dalam teori periklanan ada empat tujuan yang hendak dicapai dalam sebuah desain iklan cetak di antaranya mengidentifikasi, menginformasikan, menghibur, dan meyakinkan. Ada satu hal lagi dari tujuan desain Periklanan yang tidak kalah penting, yaitu membuat differensiasi.

Empat hal pertama bersifat taktis dan yang terakhir memiliki posisi yang lebih bersifat strategy, berakar pada nilai estetika terdalam dan merupakan kombinasi yang sangat kuat dari logika dan keajaiban. Nilai estetika tersebut merupakan pendekatan dalam layout sebuah iklan cetak.

Beberapa Istilah Strategy pendekatan bentuk Layout iklan cetak yaitu :

Mondrian Creative Layout
Penyajian iklan media cetak yang mengacu pada bentuk-bentuk square, landscape dan portait, dimana masing-masing bidangnya sejajar dengan bidang penyajian dan memuat gambar atau copywriting yang saling berpadu sehingga membentuk suatu komposisi yang konseptual.

Multi Panel Lay Out
Bentuk iklan dalam satu bidang media cetak penyajian dibagi menjadi beberapa tema visual dalam bentuk sama (square atau double square semuanya).

Picture Window Creative Lay Out
Produk yang ditampilkan secara close up. Bisa dalam bentuk produknya itu sendiri atau menggunakan model (public figure).

Copy Heavy Lay Out
Tata letaknya mengutamakan pada bentuk copywriting ( naskah Periklanan ) atau dengan kata lain komposisi layoutnya didominasi oleh bentuk penyajian teks.

Type Specimen Creative Lay Out
Tata letak iklan meda cetak yang hanya menekankan pada penampilan jenis huruf dengan point size yang besar. Pada umumnya berupa kalimat-kalimat Head Line .

Alphabet Inspired Lay Out
Tata letak iklan yang menekankan pada susunan huruf atau angka yang berurutan atau membentuk suatu kata dan diimprovisasikan sehingga menimbulkan kesan narasi (cerita).

Comic Strips Lay Out
Penyajian iklan yang dirancang secara creative sehingga merupakan bentuk media komik, lengkap dengan captions nya.

Rebus Creative Lay Out
Susunan lay out iklan yang menampilkan perpaduan gambar dan teks sehingga membentuk suatu cerita.

Two Mortises Lay Out
Penyajian bentuk iklan yang penggarapannya menghadirkan dua inset yang masing-masing memvisualkan secara diskriptif mengenai hasil penggunaan atau detail dari produk yang ditawarkan.

Zaki ( http://zaki-adverthink.blogspot.com/ )

Rekomendasi Bacaan :
Widyatama, Rendra (2005). Pengantar Periklanan.
www.tanadisantoso.com

Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB