Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Kelebihan dan Kelemahan Periklanan di Media Cetak

Media cetak merupakan kumpulan berbagai media informasi yang dibuat dan disampaikan kepada khalayak sasaran melalui bentuk-bentuk tulisan atau cetakan dan seringkali disertai gambar sehingga dapat dilihat maupun dibaca.

Media cetak sebagai penunjang pemasaran, selain memiliki kelebihan juga memiliki kelemahan dalam menyampaikan pesan periklanan. Kekuatan dan kelemahan media itu harus diketahui secara mendalam dan menjadi bahan pertimbangan tim kreatif advertising agency karena akan sangat berkaitan erat dengan teknis eksekusi kreatifnya.

Kelebihan media cetak
Efektifitas komunikasi media cetak lebih rinci karena dalam menyampaikan pesan periklanan dapat berupa gambar dan tulisan selain itu lebih mudah disimpan dan didokumentasikan oleh pembacanya. Kelebihan lainnya adalah sangat ideal untuk menunjukkan dan memperlihatkan kemasan produk, ini sangat penting terutama untuk produk yang kategorinya baru, dan membutuhkan penjelasan manfaat bila produk tersebut digunakan.

Menurut Lwin dan Aitchison, Kelebihan surat kabar adalah memungkinkan tercapainya jumlah terbesar untuk iklan yang ditargetkan karena luasnya rentang peliputan secara periodik, selain itu pembaca juga dapat mempunyai banyak waktu luang untuk mencerna maksud dari sebuah pesan periklanan yang disampaikan melalui iklan

Kelemahan media cetak
Kelebihan majalah, tabloit atau surat kabar tersebut juga sekaligus merupakan Kelemahannya. Majalah, tabloit atau surat kabar biasanya hanya dibaca sekali untuk kemudian cepat ditinggalkan atau bahkan dibuang dan beberapa kelompok pasar atau target tertentu tidak dapat terlayani dengan baik. Selain itu di Indonesia masih banyak produk yang masih dianggap tabu untuk diiklankan di media cetak, seperti halnya masalah seks

Zaki ( http://zaki-adverthink.blogspot.com/ )


Bahan Bacaan :
Durianto,Darmadi, Sugiarto, Anton WW, Hendrawan S (2003)
Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif
Lwin, May and Jim Aitchison (2005). Clueless in Advertising

Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB