Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Anatomi Copywriting dalam Periklanan di Media cetak

Melanjutkan artikel sebelumnya Pengertian Copywriting dalam Periklanan
Berikut adalah unsur-unsur anatomi copywriting atau naskah periklanan yang biasanya terdapat dalam sebuah iklan media cetak yang dibuat seorang copywriter di advertising agency :

Headline
Merupakan rangkaian kalimat atau kata-kata pendek dan biasanya berupa slogan untuk menyampaikan inti pesan periklanan atau pemasaran.

Subline atau Subjudul
Dalam penulisan subjudul inilah seorang copywriter dituntut untuk selalu menulis iklan dengan membayangkan bentuk visualnya, karena subjudul ini sangat membantu terhadap desain dan typography iklan.

Copy Text
Teks terdiri dari isi pesan atau kalimat utama naskah periklanan yang dicetak dengan font type yang lebih kecil daripada baris display. Baris display adalah headline, subline, harga, mandatories, strapline dan signature.

Harga
Orang biasanya mengharapkan sebuah iklan mencantumkan harga sehingga mereka mendapat gambaran tentang biaya yang harus dikeluarkan.

Signature Slogan atau Strapline
Ini adalah baris kalimat penutup (the pay-off line) dan dapat digunakan sebagai alat pencipta citra perusahaan dalam mendukung kampanye periklanan dan pemasaran.

Mandatories
Merupakan keinginan klien yang harus dipenuhi. Terdiri dari nama produk dan logo, tapi banyak iklan yang mencantumkan secara lengkap alamat dan nama perusahaannya.

Kupon
Biasanya pencantuman kupon harus sesuai dengan aturan dan tata cara periklanan, karena tidak sesederhana seperti tampaknya. Kupon harus menawarkan sebuah penawaran dan data-data yang jelas dan tidak menipu.

Faktor paling penting dalam menyusun jenis, gaya dan unsur copywriting bukan hanya kreatifitas, tapi juga harus sesuai perkembangan zaman. Diperlukan orang-orang kreatif yang adaptif terhadap nilai periklanan yakni trend yang mendasari segala perubahan yang terjadi dalam dunia periklanan saat ini.

Bahan Bacaan :
Agustrijanto, (2002)
Copywriting, Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan
Situs Periklanan
www.situsnet.com/advertising_Design.doc

Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB