Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Pengertian Copywriting dalam Periklanan


Copywriting adalah
expresswriters
Copywriting adalah kemampuan creative advertising dalam mengolah kata dan menciptakan naskah periklanan yang menggabungkan kerja intelektual dan seni untuk memenuhi pesan penjualan. Copywriting merupakan tulisan dengan aneka gaya dan pendekatan yang dihasilkan melalui strategi, perencanaan dan kerjasama antara klien, account executive dan tim creative dalam advertising agency.

Copywriting dituntut untuk bisa menggugah, menarik perhatian, memindahkan, mengidentifikasikan, menggalang kebersamaan, dan sekaligus mengkomunikasikan pesan dengan nilai komparatif kepada khalayak sasaran.
Artinya copywriting dapat dikatakan sukses bila memenuhi unsur-unsur dalam pesan periklanan :
a. Attention, dapat menarik perhatian audience.
b. Interest, dapat menarik minat audience.
c. Desire, dapat mempengaruhi keinginan audience.
d. Conviction, dapat memberi keyakinan pada audience.
d. Action, dapat mempengaruhi audience untuk melakukan tindakan sebagaimana yang diharapkan dan diinginkan dari iklan tersebut.

Tim creative dalam advertising agency bertanggungjawab dalam pemenuhan unsur-unsur tersebut, disamping itu tim creative advertising juga bertanggungjawab dalam mengolah keistimewaan seperti kualitas, model, hal-hal yang bisa dipercaya, sifat ekonomisnya dan manfaatnya untuk dikemas menjadi naskah periklanan.

Agar copywriting yang diciptakan membuat target audience memiliki suatu interpretasi sesuai yang diharapkan pembuat iklan, maka sangat penting untuk memahami karakter dasar dari sebuah copywriting. Karakter ini menitikberatkan pada keberhasilan sebuah pesan periklanan yang dalam hal ini diwakili komposisi teks.

Karakteristik dasar yang biasanya terdapat dalam sebuah pesan copywriting, meliputi :
* Copy iklan harus bersifat menjual, meskipun sebuah iklan hanya bertujuan mengingatkan saja.
* Rahasia keberhasilan iklan adalah pengulangan (repetition).
* Pesan iklan harus memanfaatkan secara maksimal kata-kata dan menyampaikannya dengan segera.
* Setiap kata yang digunakan harus mudah dipahami dan familiar di dalam diri konsumen.
* Pergunakan kata-kata singkat dan paragrap pendek.

Setiap iklan memiliki anatomi isi yang berbeda-beda, hal ini sangat berkaitan dengan konsep strategi pemasaran yang dibuat tim creative dalam advertising agency dan berhubungan dengan apa yang diinginkan dari perusahaan sebagai klien dalam memperkenalkan atau mengiklankan produknya. Anatomi ini bisa bersifat sederhana bahkan sangat kompleks.

Ada tujuh unsur anatomi naskah iklan yang biasanya terdapat dalam sebuah iklan cetak yang dibuat advertising agency :
a. Headline
b. Subline atau Subjudul
c. Copy Text
d. Harga
e. Signature Slogan atau Strapline
f. Mandatories
g. Kupon

Untuk penjelasan masing-masing unsur diatas akan saya jabarkan dalam link artikel berikut ini : Anatomi Copywriting dalam Periklanan di Media cetak
Zaki ( http://zaki-adverthink.blogspot.com/ )

Rekomendasi Bacaan :
Agustrijanto, (2002)
Copywriting, Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan
Rapp, Stan & Tom Collins (1995)
Maxi marketing :
Terobosan Baru dalam Strategi Promosi, Periklanan dan Pemasaran.
Suhandang, Kustadi (2005)
Periklanan : Manajemen, Kiat dan Strategi
www.situsnet.com/Advertising_Design.doc

Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB