Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Bauran Promosi Bagian dari Manajemen Pemasaran

Dalam manajemen pemasaran barang dan jasa, bauran promosi merupakan bagian yang sangat penting. Dalam bauran promosi dikenal ada lima unsur komunikasi pemasaran yang utama, yaitu :

Advertising ( Periklanan )
Periklanan adalah seni menyampaikan apa yang ditawarkan atau dijual untuk mendapatkan perhatian dan menempatkan produk secara unik kedalam pikiran konsumen dengan alat bantu media periklanan.
Periklanan merupakan bagian manajemen pemasaran untuk memenuhi fungsi pemasaran. Untuk dapat menjalankan fungsi pemasaran, maka periklanan tentu saja tidak sekedar memberikan informasi kepada khalayak tapi juga ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek.

Sales promotion ( Promosi Penjualan )
Berbagai bentuk insentif jangka pendek yang diberikan produsen untuk mendorong keinginan konsumen agar tertarik dan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuan promosi berorientasi untuk mengajak konsumen agar mencoba produk yang belum pernah mereka kenal atau gunakan.

Public Relation ( Hubungan Masyarakat )
Public relations pada dasarnya adalah kegiatan manajemen pemasaran yang erat hubungannya dengan publik. Public Relation merupakan salah satu bagian dari sebuah perusahaan yang juga berfungsi sebagai jembatan antara perusahaan dan publiknya. Aktivitas yang dilakukan Public relations adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik ( two way communications ) yang dibuat untuk memelihara, menciptakan, dan mengembangkan citra perusahaan atau merek.

Personal selling ( Promosi pribadi )
Personal selling adalah improvisasi dari penjualan dengan komunikasi person to person. Personal selling biasanya dilaksanakan oleh sales dibawah pengarahan manager pemasaran yang mempromosikan produk secara langsung pada target market. Sales melakukan Interaksi dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesanan dari pembeli.

Direct marketing ( Pemasaran Langsung )
Direct marketing adalah upaya komunikasi pemasaran langsung untuk berinteraksi dengan konsumen yang bertujuan agar memperoleh respon atau transaksi dalam waktu singkat. Interaksi dengan konsumen tersebut melalui surat, telepon, fax, e-mail, dan alat komunikasi nonpersonal lainnya untuk melakukan komunikasi pemasaran secara langsung agar mendapat tanggapan dari calon konsumen.

Zaki ( http://zaki-adverthink.blogspot.com/ )

Bahan Bacaan Manajemen Pemasaran :
Durianto Darmadi, Sugiarto, Anton WW, Hendrawan S (2003)
Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif
Roman Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz (2005)
How To Advertise, Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran
John Kennedy, R Dermawan S (2006)
Marketing Communication, Taktik dan Strategi

Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB