Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Fungsi Public Relation Dalam Manajemen Pemasaran

Public Relation sangat berperan penting baik didalam maupun diluar perusahaan, fungsi dari Public Relations dalam manajemen pemasaran sebuah perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Menunjang kegiatan manajemen pemasaran dalam mencapai tujuan pemasaran.
Dalam hal ini, public relation sebagai penunjang dan pendukung terlaksananya kegiatan dan rencana manajemen.

2. Membina hubungan harmonis antara organisasi tersebut dengan berbagai publik, baik hubungan ke dalam (internal relations) maupun ke luar (external relations) untuk meningkatkan kerjasama.
Public Relation tidak hanya penting dalam membina hubungan eksternal akan tetapi, hubungan yang baik dengan internal organisasi perlu diperhatikan, sebagai salah satu penunjang tercapainya tujuan organisasi

3. Menciptakan komunikasi dua arah dengan menyebarkan informasi manajemen kepada publiknya dan menyalurkan opini publik kepada organisasi
Public Relation sebagai communicator atau penghubung antara organisasi dengan publiknya.

4. Melayani publik dan menasihati pimpinan demi kepentingan umum.
Public Relation harus mampu menyeimbangkan kepentingan manajemen dan publiknya.

5. Operasionalisasi dan organisasi Public Relations
Maksudnya adalah bagaimana membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya, untuk mencegah terjadinya rintangan psikologis, baik yang ditimbulkan dari pihak organisasi maupun dari pihak publiknya.

6. Building corprate identity and image
yaitu dengan menciptakan identitas dan citra perusahaan yang positif

7. Facing crisis
Public Relations harus memiliki kemampuan untuk menangani segala complain, membentuk manajemen krisis dan Public Relation recovery of image, memperbaiki lost image and damage.

Zaki ( http://zaki-adverthink.blogspot.com/ )


Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB