Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Perbedaan Media Cetak dan Elektronik dalam Periklanan

Media periklanan secara umum dibagi menjadi media lini atas (ATL) dan media lini bawah (BTL). Media Periklanan lini atas terdiri dari media cetak (majalah, surat kabar), media Periklanan elektronik (radio, TV), serta media luar ruangan (papan reklame, angkutan). Media lini bawah terdiri dari seluruh media selain media lini atas, seperti direct mail, katalog, Point of Purchase, Pameran, brosur, kalender, agenda, gantungan kunci, atau tanda mata.

Menurut teori periklanan Frank Jeffkins, ATL merupakan media advertising yang berhak mengatur pengakuan dan pembayaran komisi kepada Advertising Agency, sedangkan BTL tidak memberikannya. Artinya, Advertising Agency tidak berhak menerima komisi dari biaya operasional dari media advertising BTL.

Perbedaan kedua media Periklanan tersebut terletak pada sifat media itu sendiri. Sifat ATL merupakan media tak langsung yang mengenai audience, karena sifatnya yang terbatas pada penerimaan audience. Sedangkan BTL media Periklanan yang langsung mengena pada audience karena sifatnya yang memudahkan audience langsung menyerap satu produk atau pesan saja.

Secara umum terdapat dua media ATL yang sering digunakan sebuah perusahaan untuk menjalankan suatu Advertising Campaign, yaitu media cetak dan media elektronik. Yang pertama lebih memfokuskan diri pada ketajaman indera mata ( Visual ) dan yang kedua menggabungkan antara kekuatan mata dengan kekuatan telinga ( audio visual ).

Zaki ( http://zaki-adverthink.blogspot.com/ )

Rekomendasi Buku :
Jefkins, Frank (1996). Periklanan
Kasali, Renald (1992) Manajemen Periklanan

Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB