Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Usaha Kecil harus memiliki Strategi Pemasaran produk

Bisnis besar selalu berawal dari bisnis usaha kecil dan bisnis usaha kecil menengah harus bisa tumbuh untuk menjadi besar. Namun banyak yang akhirnya sebuah bisnis tidak pernah tumbuh bahkan justru lebih mengecil kemudian lenyap.

Salah satu kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan oleh pebisnis pemula adalah memisahkan antara bisnis dan pemasaran produk. Ini karena pemasaran masih dianggap sama dengan penjualan (selling) hal ini terjadi karena pemasaran diartikan sebagai periklanan dan promosi. Padahal pemasaran tentu saja jauh lebih luas lagi fungsinya.

Strategi Pemasaran berperan dalam proses menciptakan gagasan untuk memuaskan seluruh kebutuhan konsumen baik melalui produk atau jasa maupun pelayanan yang ditawarkan. Strategi Pemasaran tak sekedar penjualan yang mengubah produk menjadi uang tunai dengan menciptakan transaksi dengan konsumen.

Oleh karena itu bisnis dan pemasaran harus berjalan beriringan, saat pertama kali ide bisnis dibuat maka saat itu juga pemasaran berperan penting. Jauh sebelum produk dibuat atau jasa diciptakan, pemasaran justru sudah mulai bekerja. Strategi Pemasaran adalah elemen yang menukangi lahirnya sebuah produk atau jasa. Pemasaran berperan penting dalam menentukan model, arah dan konsep usaha kecil yang akan dijalankan. Itu alasan kenapa ada unsur Produk dan Place dalam 4P bauran pemasaran. Apa lagi jika ada kegiatan riset konsumen sebelum produk atau jasa dibuat tentu ini tugas pemasaran.

Penjualan dimulai ketika produk sudah ada sementara pemasaran dimulai sebelum produk dibuat. Strategi Pemasaran dijalankan pada tahap awal bisnis untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan dan kemudian apa yang harus ditawarkan oleh perusahaan. Inilah yang sering diabaikan oleh pebisnis pemula usaha kecil, yang menganggap bahwa pemasaran ada setelah produk atau jasa ada dan roda bisnis telah berputar.

Memulai Bisnis itu mudah. Membuat bisnis tetap berjalan itulah yang sulit - Pepatah Cina -

Bisnis harus Logis. artinya usaha kecil dimulai dan berjalan harus secara logis, terukur dan terhitung. Jangan percaya bisnis bisa dibuat hanya dengan modal dengkul. Kecuali kamu ingin berbisnis jual beli dengkul. Karena Bisnis membutuhkan visi. Visi membutuhkan perencanaan, Perencanaan membutuhkan strategi dan Strategi membutuhkan tindakan terukur.

Visi – Perencanaan - Strategi - Tindakan

Visi
adalah tujuan atau arah yang ingin anda capai dalam usaha kecil, tanpa sebuah visi bisnis akan berjalan tanpa arah dan tujuan.

Sama seperti ketika kita masuk kedalam sebuah Mall untuk berbelanja dengan membawa segepok uang, tanpa tau apa yang ingin dibeli, tiap toko dimasuki dan akhirnya tergoda dengan barang yang sebenarnya bukan menjadi kebutuhan kita. Setelah uang habis dan pulang ke rumah baru menyadari apa yang dibeli ternyata bukanlah kebutuhan mendesak yang kita inginkan. Lebih parah lagi, niat berbelanja dan akhirnya tak satupun barang yang dibeli.

Atau sama seperti ketika kita ingin menuju ke sebuah tempat, misalnya Jalan-jalan dari Jogja ke Solo tapi tanpa tau apa yang ingin dituju di kota Solo. Kemungkinan yang terjadi adalah kamu akan berhenti di sebuah tempat karena kelelahan di jalan lalu bingung mau berbuat apa, atau justru kamu tersesat di kota ini?
Itulah analogi sederhana dari sebuah Visi, titik yang ingin anda capai dalam menjalankan usaha kecil, visi ini kemudian akan membawa anda ketahap selanjutnya yang artinya Visi yang anda tetapkan sekarang akan berkembang dimasa yang akan datang.

Banyak bisnis usaha kecil yang mengabaikan kekuatan Visi, sehingga akan mudah berubah haluan ketika terjadi masalah ditengah jalan. Visi akan membuat anda bertahan sekuat mungkin dari cobaan, visi juga akan membuat anda tetap fokus ditengah godaan yang menerpa, padahal fokus adalah kata kunci sukses dalam membangun sebuah usaha kecil.

Contoh ketika anda membangun bisnis roti kelas atas, anda bisa dengan mudah berubah haluan ketika bisnis Es Krim “terlihat” menggiurkan, atau ketika penjualan roti anda belum membuahkan hasil yang memuaskan anda bisa dengan mudah tergoda untuk menurunkan harga atau sejenisnya.

Perencanaan, Konsepsi dan Identifikasi
Adalah proses persiapan dan mendefinisikan visi untuk mencapai tujuan. Kembali rencana ke Solo, jika visi anda adalan belanja batik maka tentu perencanaannyapun akan mudah, ke pasar mana membeli batik ini? Batik jenis apa yang ingin dibeli? Berapa maksimal harganya ? Jalan apa saja yang harus dilewati untuk menuju ke pasar ini? Bla..bla..blaa

Strategi
adalah usaha mencari cara yang paling efektif dan efisien untuk memudahkan perencanaan berjalan. Ada 4 Jantung Strategi Bisnis yang harus diperhatikan secara serius oleh pelaku bisnis kecil yaitu : Konsumen, Produk, Layanan dan Pemasaran.

Strategi diciptakan untuk menentukan arah, untuk merancang serangkaian tindakan sebagai garis pedoman perusahaan. Tujuan strategi adalah untuk menyebarkan secara efektif  sumber-sumber khas dan keunggulan suatu persahaan. Strategi memberikan fokus agar perusahaan terhindar dari berbagai arah yang membingungkan. Dan Ingat, tidak ada strategi perang yang mampu bertahan setelah menghadapi pertempuran pertama. Strategi perlu direvisi untuk perang selanjutnya.

Artikel selanjutnya " Cara memulai bisnis untuk usaha kecil menengah " Segera.

Share di Sosmed

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB