Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

6 Langkah Strategi Pemasaran Bisnis Kecil UKM

Ada banyak langkah strategi dan taktik pemasaran, berikut adalah strategi pemasaran sederhana bagi Anda yang punya Usaha kecil menengah atau UKM :

1. Segmentasi
Membuat segmentasi merupakan titik awal yang krusial dalam membuat strategi pemasaran, dengan membuat segmentasi maka pemasar akan mudah menentukan pasar sasaran selanjutnya yang akan dituju.
Secara umum segmentasi terbagi atas empat variabel yang harus di analisa yaitu : Geografis, demografis, perilaku konsumen dan psikografis.

2. Riset Segmen
Riset konsumen adalah kegiatan menggali dan menganalisa informasi dari segmen yang sudah dipilih baik secara rasional maupun emosional berdasarkan variabel segmentasi seperti yang sudah dijelaskan diatas, Mungkin bahasa riset terlalu rumit untuk usaha kecil menengah, jika begitu buat saja riset sederhana untuk mengenali perilaku konsumen bisnis Anda.

3. Riset Kompetitor
Hampir sama dengan riset konsumen, yaitu kegiatan menggali dan menganalisa informasi dari kompetitor yang jenis bisnisnya paling mirip atau mendekati bisnis Anda.

4. Merumuskan Diferensisi dan Keunggulan
Diferensiasi merupakan faktor pembeda dari sebuah produk atau jasa, namun untuk bisa unggul dari kompetitor berbeda saja tidaklah cukup. Perbedaan itu harus memiliki manfaat dan dibutuhkan oleh konsumen bagi dari aspek fisik maupun emosional

5. Positioning
Inti dari positioning  adalah menanamkan produk atau merek dalam bentuk citra ke benak atau pikiran konsumen. Citra tersebut dapat dalam bentuk slogan,  image perusahaan, dan awareness. Konsep utama dalam strategi pemasaran ini adalah berorientasi pada kompetitor khususnya yang merupakan market leader dan target market.

6. Targeting
Target market dibuat agar kita bisa fokus mencapai sasaran. Fokus diperlukan karena pemasaran memiliki kemampuan yang terbatas. Target sendiri dipilih berdasakan segmentasi yang sudah ditentukan, yaitu memilih segmen yang dianggap paling menguntungkan.

Next... Langkah Sederhana Merumuskan Taktik Pemasaran Usaha Kecil Menengah

Share di Sosmed

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB